Sabtu, 31 Desember 2016

"Tahun Baru, Kualitas Hidup Baru"

"Tahun Baru, Kualitas Hidup Baru"

(Adi W. Gunawan)

Saat ini kita menjelang akhir tahun 2016 dan segera memulai tahun baru 2017. Sahabat, bagaimana capaian Anda selama tahun 2016? Apakah sesuai atau melebihi target yang telah Anda tentukan di akhir tahun 2015?


Tahun baru.. semangat baru... harapan baru. Kita tentu berharap punya hidup baru, hidup yang lebih baik lagi di tahun 2017. Dan seringkali kita lupa, tidak tahu, atau mungkin tidak menyadari bahwa untuk punya hidup baru, hidup yang lebih baik, butuh syarat.

Capaian dan kualitas hidup adalah akumulasi dari rangkaian buah pikir yang memengaruhi dan menentukan pilihan yang kita putuskan, yang selanjutnya menentukan tindakan dan perilaku yang kita lakukan, yang mengakibatkan kita mengalami pengalaman tertentu yang menghasilkan perasaan tertentu.

Dengan demikian, untuk bisa berubah, mencapai sesuatu yang baru, yang lebih besar dari yang telah atau pernah kita capai, kita perlu berubah. Dan ini semua diawali dengan pikiran.

Pertanyaannya, "Apakah pikiran kita hari ini, di tahun baru ini, sama atau berbeda dengan pikiran kita di tahun sebelumnya?"

Bila jawabannya, "Sama," maka kita akan menjalani serta mencapai hal yang sama dengan tahun sebelumnya. Kita sebenarnya mengulang masa lalu di masa sekarang dan untuk mencipta masa depan, yang sama persis dengan masa lalu. Inilah yang dinamakan hidup di masa lalu.

Bila jawabannya, "Berbeda," maka yang perlu ditanya lagi adalah apakah pikirannya lebih baik atau justru lebih tidak baik dari sebelumnya?

Pikiran mencipta realita. Untuk mengubah realita, ubahlah pikiran.

Bagaimana menurut Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment yg membangun ya.. Thx