Jumat, 21 September 2018

ANAK INDIGO

ANAK INDIGO

Anak Indigo atau Anak Nila (Indigo Children) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan anak yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang special, tidak biasa, dan bahkan supranatural.
Dalam kamus bahasa Indonesia, kata indigo berarti warna biru tua yang diperoleh dari tumbuhan nila atau tarum.



Pencetus kata istilah anak indigo pertama kali adalah Nancy Ann Tappe, seorang paranormal. Dalam bukunya yang berjudul "Understanding Your Life Through Color",  menyebutkan bahwa indigo terbentuk karena warna yang ada disekitar anak-anak biru tua, yaitu warna kehidupan atau biasa dikenal dengan warna AURA. Nancy menjelaskan bahwa semenjak pertengahan tahun 1960-an, ia mulai menyadari bahwa ada banyak anak yang lahir dengan aura "indigo" (dalam publikasi lain Tappe juga mengatakan bahwa warna indigo atau Nila berasal dari "warna kehidupan" anak yang ia dapatkan melalui sinetesia).

Gagasan ini kemudian dipopulerkan oleh buku yang berjudul The Indigo Children :  The New Kids Have Arrived (Anak Indigo : Anak-anak Baru Telah Tiba) pada tahun 1998. Buku ini ditulis oleh Lee Carroll dan Jan Tober.

Pada tahun 2002, konferensi internasional untuk anak indigo yang dihadiri oleh kurang lebih 600 orang diadakan di Hawaii.
Konferensi pada tahun-tahun berikutnya diadakan di Florida dan Oregon.
Beberapa film bertajuk indigo juga telah dibuat, seperti Indigo pada tahun 2003 yang disutradai oleh James Twyman.
Film mengenai indigo juga dirilis di Rusia pada tahun 2008.

KARAKTERISTIK
Beberapa ciri anak indigo adalah :
. Empatik, penuh rasa ingin tahu, berkeinginan kuat,  independen, dan sering dianggap aneh oleh teman dan keluarga.
. Mengenal dirinya dan memiliki tujuan yang jelas
. Memiliki spiritualitas di bawah sadar yang kuat semenjak kecil
. Meyakini bahwa dirinya layak untuk berada di dunia.

Kebanyakan anak indigo memiliki indera keenam yang lebih kuat jika dibanding dengan orang biasa. Anak-anak yang terlahir dengan aura nila ini dipercaya memiliki kekuatan spiritual lebih dari rata-rata.
Mereka memiliki kepekaan tinggi terhadap masalah-masalah terjadi disekitar mereka.

Anak indigo kebanyakan bisa melihat sesuatu yang belum terjadi atau sebaliknya, bisa melihat masa lampau. Bisa juga melihat makhluk atau materi-materi halus yang tidak tertangkap oleh indera penglihatan biasa.
Kemampuan seperti inilah yang masuk dalam wilayah ESP (Extra-Sensory Peception) atau indera keenam (Six Sense).
Indera keenam ini terletak pada cakra mata ketiga di kening. Cakra mata ketiga adalah hal yang menggambarkan kekuatan batin yang luar biasa tajam di atas kemampuan yang dimiliki oleh kebanyakan orang.
Anak indigo biasanya banyak bertanya tentang banyak hal,  misalnya, kenapa harus begini, kenapa harus begitu ?  Mengapa tidak boleh seperti ini ? Dia akan merasa heran dengan hal yang dirasakan tidak masuk akal.
Sebagai contoh, mengapa orang harus sekolah berjam-jam ? Mengala masuk kelas harus berbaris ? Bukankah tanpa berbaris pun bisa masuk kelas dengan tertib ?
Atau, mengapa harus tidur jam 9 malam dan lain sebagainya. Pada prinsipnya anak indigo butuh penjelasan logis untuk semua hal.  Sehingga peranan orang tua sangat berpengaruh dalam kehidupan anak tersebut, dan jika orang tuanya tidak mengerti bahwa anaknya indigo maka anaknya cenderung terkesan pemberontak, agresif, dan nakal, ini disebabkan karena si anak merasa "sendirian dan tidak dipahami", bahkan oleh orang tuanya sendiri.  Yang lebih masuk di akal apabila orang tua lebih memilih meyakini bahwa anak mereka itu spesial dan terpilih untuk misi yang penting daripada menerima kenyataan bahwa anak mereka mengidap penyakit.

Menurut Tober dan Carroll,  anak indigo mungkin tidak memiliki performa yang baik di sekolah karena menolak mengikuti aturan, lebih pintar (atau lebih matang secara spiritual) dari guru mereka,  dan kurang tanggap terhadap disiplin yang didasarkan kepada rasa bersalah, takut atau manipulasi.

Hanya karena sulit diterima akal sehat, kemampuan unik anak-anak indigo sering terabaikan. Kebanyakan orang sulit memahami bahwa anak indigo bisa membaca pikiran, melihat peristiwa yang belum terjadi atau bahkan mengobati penyakit.

"Yang paling terekspose adalah kemampuan interdimensional. Padahal kalau yang humanis, perikemanusiaannya tinggi,  itu malah jarang (diekspose),"  kata dr Tb Erwin Kusuma, SpKj(K), psikiater anak dari RSPAD Gatot Subroto saat ditemui detikHealth, seperti ditulis Rabu (3/10/2012).
Menurut dr Erwin,  secara umum ada 4 jenis kemampuan anak indigo dan kemampuan yang dimiliki anak-anak itu bisa berbeda-beda

Keempat jenis kemampuan anak indigo yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1.  INTERDIMENSIONAL
Menurut dr Erwin,  kemampuan ini paling sering diekspose karena bagi kebanyakan orang sulit diterima akal sehat.
Contoh kemampuan jenis ini antara lain bisa melihat dan berkomunikasi dengan makhluk halus.

2.  HUMANIS
Kemampuan ini berhubungan dengan perikemanusiaan,  sehingga tidak terlalu kontroversial. Anak indigo dengan kemampuan ini memiliki cara yang unik dalam berkomunikasi dengan manusia lain serta lebih dalam berkomunikasi dengan manusia lain serta bisa lebih peka terhadap perasaan orang lain.

3.  KONSEPTUALIS
Anak indigo yang memiliki kemampuan ini sering memiliki konsep atau pemikiran yang sulit dipahami oleh orang lain.

4.  ARTIS
Jenis kemampuan.anak indigo yang satu ini menonjol di bidang seni. Karya seni yang dihasilkan anak indigo dengan kemampuan ini cenderung bernuansa spiritual, misalnya puisi yang banyak berbicara tentang makhluk halus.

Terkait kemampuan interdimensional, dr Erwin mencontohkan salah satu kelebihan anak indigo yang disebut clairvoyance.
Berasal dari Bahasa Perancis,  kemampuan ini berarti bisa melihat peristiwa di tempat lain yang terjadi pada waktu yang bersamaan.

Ada juga kemampuan pre-cognition, yakni melihat peristiwa yang belum terjadi di suatu tempat. Sebaliknya adalah post-cognition atau sering disebut juga retro-cognition atau melihat peristiwa yang terjadi pada masa lalu, di suatu tempat yang baru pertama kali dikunjungi.

Anak indigo pada umumnya juga cerdas secara intelektual, sehingga seringkali lebih cepat dari yang lain dalam menyelesaikan tugas di sekolahnya. Akibatnya ia punya lebih banyak waktu luang, lalu berkegiatan sendiri dan akhirnya dikira hiperaktif.

"Padahal keduanya sama sekali berbeda, hiperaktif itu gerakannya cenderung tidak terkoordinir sehingga mudah jatuh dan sebagainya. Kalau indigo, itu hanya karena sudah selesai saja pekerjaannya," tambah dr Erwin.

dr Erwin menuturkan kebanyakan anak indigo bisa melihat sesuatu yang belum terjadi atau mampu melihat makhluk halus yang tidak bisa dilihat oleh mata.  Kemampuan spiritual ini masuk dalam wilayah ESP (Ectra Sensory Perception).

"Memang anak bayi kebanyakan memiliki kemampuan melihat makhluk halus. 
Tapi seiring bertambahnya umur, kemampuan tersebut akan menghilang.
Namun pada anak indigo kemampuannya ini tidak dapat hilang." ujar dr. Erwin.
Pada anak-anak, hilangnya kemampuan merasakan makhluk halus karena dalam perkembangannya ia banyak mempelajari matematika dan ilmu pengetahuan lain,  sedangkan pada anak indigo karena ia memiliki kemampuan ESP, yaitu kemampuan yang melebihi persepsi inderawi yang dimiliki manusia.

Lebih lanjut dr. Erwin menjelaskan dulu kebudayaan timur selalu mengajarkan untuk melakukan meditasi untuk mengasah hal-hal seperti indra keenam. Namun sebenarnya indigo adalah sifat yang dilahirkan dan tidak dapat dipelajari, serta kemampuan yang dimilikinya ini juga tidak dapat dilatih.

10 KEMAMPUAN UNIK ANAK INDIGO

1. TELEPATI yaitu kemampuan membaca pikiran dan perasaan manusia atau makhluk lain (mind to mind communication) tanpa harus mengenal batasan ruang.
Kemampuan membaca pikiran dan perasaan dimiliki oleh hampir semua anak indigo.
Sementara kemampuan berkomunikasi jarak jauh hanya dimiliki oleh sebagian anak indigo saja.

2. CLAIRVOYANCE yaitu kemampuan untuk melihat kejadian yang sedang terjadi di tempat yang lain. Sama seperti pikiran dan perasaan yang memancarkan gelombang. Setiap peristiwa di alam juga memancarkan gelombang. Gelombang tersebut terpancar dari makhluk yang terlibat dalam peristiwa tersebut.

3. PRECOGNITION yaitu kemampuan mengetahui peristiwa yang akan terjadi di masa mendatang atau belum terjadi.

4. TELEKINETIK yaitu kemampuan menggerakkan benda dari jaram jauh. Akan tetapi, kemampuan untuk menggerakkan benda dengan massa besar tidak umum dimiliki oleh orang-orang indigo.

5. RETROKOGNISION yaitu berhubungan dengan kemampuan melihat masa lampau.

6. MEDIUMSHIP yaitu kemampuan berkomunikasi dengan makhluk halus untuk mencari informasi. Melihat makhluk dan berkomunikasi dengan makhluk lain yang tidak terlihat termasuk dalam kemampuan ini.
Mereka berkomunikasi dengan cara menangkap gelombang pikiran makhluk tersebut. Tapi tidak semua orang indigo bisa berkomunikasi dengan makhluk halus. Biasanya mereka hanya melihat.

7. PSIKOMETRI yaitu kemampuan menggali informasi dan berkomunikasi dengan objek apapun. Hal ini dimungkinkan karena setiap benda terdiri atas susunan atom yang berbentuk molekul. Molekul pada benda padat, gas atau cair bergetar.
Getarannya lalu menghasilkan gelombang.

Gelombang dari getaran tersebutlah yang dibaca oleh orang indigo. Mereka mampu mendeteksi asli atau tidaknya sebuah foto yang merekam makhluk halus ataupun kekuatan getaran dari patung (rupang), relik serta arca-arca dan lain-lain.

8. SUGESTI HIPNOSIS yaitu kemampuan menghipnosis dengan kemampuan telepatinya dan sekalipun mereka tidak pernah mempelajarinya. Proses sugestinya berjalan lamban,  tetapi bersifat permanen dan bisa diwariskan.

9. ANALITIK yaitu kecerdasan (IQ) orang indigo rata-rata di atas 120. Dengan kemampuan ini ia akan lebih mudah mengerti data-data, meskipun data-data tersebut dikumpulkan secara acak.

10. KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI dengan makhluk yang lebih tinggi derajatnya misalnya para dewa.

Kesepuluh kemampuan ini tidak semuanya dimiliki oleh anak-anak indigo. Namun apabila ingin mempertajam dan memiliki semua kemampuan di atas, mereka harus melatihya, salah satu caranya yakni melalui meditasi. Karena pada dasarnya setiap anak indigo sudah memiliki 10 kemampuan tersebut cuma tidak "tajam/sensitif"  sehingga kalau mereka mau mengasahnya maka 10 kemampuan ini akan muncul maksimal.

INDIGO BUKAN PENYAKIT
Banyak orang yang memiliki persepsi yang salah seputar anak indigo, bahkan mereka mengatakan bahwa ia merupakan anak dengan penyakit kelainan otak.   Namun ini tidak diikuti dengan bukti yang kuat.
Dalam hal ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) tidak mencantumkan anak indigo pada daftar penyakit anak atau cacat mental.

Sesunguhnya anak indigo seperti hidup dalam dua alam, yaitu alam tempat ia dilahirkan dan pada alam sebagaimana ia memiliki kehidupan lain yang secara langsung mempengaruhi otaknya. Kemampuan otaknya menjadi luar biasa,  bahkan cara berpikirnya sudah seperti orang dewasa,  namun sifat dasar kekanak-kanakan tetap ada, seperti masih terlibat bermain bersama teman-teman sebayanya.

APAKAH ANAK ANDA INDIGO ?
Untuk mengetahui apakah anak anda sendiri indigo,  jawablah pertanyaan berikut :
1. Apakah anak anda sering bersikap seperti bangsawan ?
2. Apakah anak anda memiliki perasaan pantas diterima ?
3. Apakah anak anda mempunyai perasaan bahwa dirinya dapat dimengerti ?
4. Apakah anak anda sulit memghadapi disiplin dan kekuasaan ?
5. Apakah anak anda menolak untuk mengerjakan hal-hal pasti yang diminta untuk dikerjakan ?
6. Apakah kegiatan antri tak disukai anak anda ?
7. Apakah anak anda tidak menyukai sistem yang berorientasi ritual/mekanikal dan sedikit memerlukan kreatifitas ?
8. Apakah anak anda sering dapat mengetahui cara-cara yang lebih baik dalam mengerjakan sesuatu, baik di rumah atau di sekolah ?
9. Apakah anak anda tidak mudah kompromi ?
10. Apakah anak anda tidak merespon/takut pada ancaman ?
11.  Apakah anak anda mudah bosan terhadap pekerjaan yang ditugaskan ?
12. Apakah anak anda terlihat mempunyai gejala ADD ?
13. Apakah anak anda kreatif ?
14. Apakah anak anda terlihat mempunyai intuisi yang tajam ?
15. Apakah anak anda mempunyai sikap empati yang menonjol terhadap orang lain ?
16. Apakah anak anda mempunyai pemikiran yang abstract ?
17. Apakah anak anda cerdas ?
18.  Apakah anak anda sangat berbakat (yang diidentifikasi sebagai karunia) ?
19.  Apakah anak anda terlihat sebagai pengkhayal ?
20. Apakah anak anda terlihat memancarkan mata orang dewasa, bijak dan dalam ?
21.  Apakah anak anda mempunyai kecerdasan spiritual ?

Jika anda mempunyai 10 jawaban "YA", maka anak anda kemungkinan adalah indigo.
Jika jawaban "YA" lebih dari 15, maka anak anda dipastikan sebagai anak indigo.

TIPS UNTUK MENDIDIK ANAK INDIGO
Wendy Chapman,  memberikan 10 tips untuk mendidik anak-anak indigo,  sebagai berikut :

1. PERLAKUKAN MEREKA DENGAN PENUH PENGHARGAAN.
Jika anda tidak menunjukkan penghargaan kepada mereka, mereka juga akan demikian,  walaupun anda mempunyai otoritas atau kekuasaan.

2.  DENGARKAN PENDAPAT MEREKA.
Mereka perlu tahu bahwa anda peduli dan mengenali sistem nilai mereka.

3.   KEMBANGKAN KEMAMPUAN MEREKA.
Beri mereka pilihan, seperti misainya tipe produk yang akan dipelajari, apa perintah untuk pekerjaan yang harus dilakukan, pilihan antara dua kegiatan itu.
Memiliki suara yang didengar membuat rasa yang berbeda atas penghargaan diri, biasanya akan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam pilihan yang sudah mereka buat dan konsekuensi akan memperbaiki sikap mereka terhadap anda dan terhadap pendidikan.

4. BANGUNLAH SIKAP KOPERATIF DAN HINDARI MEMBERI PERINTAH.
Anak indigo tidak akan peduli terhadap hal-hal yang dimaksudkan untuk mengontrol mereka. 
Mereka akan peduli terhadap perlakuan yang bersifat adil dan baik.

5. BANTU MEREKA MELAKUKAN HAL YANG BERBEDA.
Jika mereka frustasi,  misalnya pekerjaan sekolah, sehingga mereka merasa sendiri di dunia, bantulah mendorong mereka untuk berbuat sesuatu yang positif untuk merubahnya. Seperti menulis surat, karya tulis,  puisi, membuat poster, T-shirt, mengorganisasi kelompok diskusi.

6. BANTU MEREKA MEMBANGUN BAKAT DAN KEMAMPUANNYA.
Dorong mereka untuk kreatif dan berani mengekspresikan kepribadian mereka yang unik.

7. BERSIKAP TOLERAN TERHADAP EMOSINYA YANG EKSTRIM.
Bantu mereka membuat keseimbangan menggunakan aromaterapi, ijinkan mereka minum air putih di kelas, bersikap tenang, atau latihan meditasi.

8. DORONG MEREKA UNTUK MENJADI SUMBER KEDAMAIAN BAGI ORANG LAIN.
Indigo dilahirkan untuk menjadi sumber kedamaian. Dorong mereka untuk melatihnya. Hal ini akan membangun komunikasi dan welas asih. Jadilah pembimbingnya dalam hal ini.

9. JELASKAN MENGAPA UNTUK SEMUA HAL.
Mengapa ada aturan, mengapa mereka perlu untuk mengerjakan pekerjaan/sekolah. 
Mengapa dunia seperti ini ?.
Jika anda tidak mempunyai jawaban.

10.  KURANGI OBAT-OBATAN UNTUK ADD.
Indigo bukan ADD,  tapi indigo secara alamiah memberiakan perhatian pada sesuatu secara selektif. Jika mereka dapat fokus pada sesuatu yang mereka pilih untuk jangka waktu yang lama, kemungkinan anak ini indigo, bukan ADD.
Walaupun nampaknya ada masalah pada perhatian,  carila alternatif terapi, bulan dengan Ritalin, jangan menekan kreatifitas alamiah dan kepemimpinan indigo, tetapi bantulah untuk mengorganisir.

Sebagai orangtua, anda juga harus membuat anak indigo disiplin, dan membuat mereka belajar tentang perilaku yang bisa diterima atau tidak. Dan belajar untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak bisa diterima.
Bersikaplah adil, dan berikan batas toleransi yang pantas.  Katakan yang sesungguhnya sesuai dengan umurnya, dan jangan bohong karena mereka akan tahu. Katakan bahwa dia dicintai dan peluk sebanyak mungkin.

Indigo juga eksploratif dan banyak energi.
Akan sangat menolong jika orangtua membantu menyalurkan energi pada sesuatu yang menyenangkan,  produktif dan tidak berbahaya.

Apakah anak-anak indigo bisa menjadi orang yang sukses ?
Pengalaman membuktikan,  bahwa banyak anak indigo yang jika penanganannya benar, akan menjadi orang yang sukses, bisa lulus dari universitas, ada yang menjadi psikolog, psikiater, bahkan pemusik andal.
Jadi, coba teliti apakah di keluarga ada yang indigo ?   Jangan khawatir, jika anda memahami mereka serta dapat mengelola dengan baik, maka anak indigo adalah anak yang menyenangkan, dan tingkat kesuksesnnya di masyarakat cukup tinggi.

ENAKKAH MENJADI ANAK INDIGO ?
Sebagai penulis saya sering dihadapkan dengan pertanyaan seperti diatas.   Banyak umat yang ingin bisa melihat makhluk halus seperti anak-anak indigo.
Ada yang bertujuan untuk bersenang-senang, penasaran, pamer (ini yang paling diminati), ingin membantu orang lain, tentu saja ada juga yang ingin mempunyai kemampuan seperti ini untuk cari uang (dengan memperdaya atau menakut-nakuti umat yang tidak mengerti).

Kalau anda pernah bertemu dan bergaul dengan anak-anak indigo" asli", dengan mudah dan cepat mereka akan menjawab "TIDAK ENAK". Sangat memungkinkan semua anak indigo akan setuju dengan jawaban di atas. Tahukah anda ?
Anak-anak indigo hidup di dalam 2 dunia seperti tidak memiliki batas dengan alam supranatural. Otomatis mental mereka harus siap dan kuat untuk berhadapan dengan makhluk-makhluk halus setiap waktu, tidak peduli pagi, siang bahkan tengah malam.

Misalkan, selama setahun anda dipusingkan dengan menghadapi berbagai penampakan yang kerap berseliweran dihadapan anda.
Bayangkan !  Setahun penuh melihat makhluk halus yang bermacam-macam bentuknya.
Dimana asyiknya ?
Tentu saja kondisi seperti ini akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi saat andap mengendarai mobil atau motor, tiba-tiba di depan anda ada mahluk halus yang menyeberang jalan.

Salah satu anak indigo pernah cerita kepada penulis,  suatu malam saat itu dia sedang sendirian di rumah dan kebetulan saat itu sedang ada pemadaman listrik, dia lalu keluar dari kamar tidurnya yang di lantai dua sambil bawa senter untuk turun ke lantai bawah untuk mengambil sesuatu.
Seperti yang kita bayangkan saat itu gelap gulita, sambil menenteng senter dia turun ke bawah. Ketika dia sedang menuruni anak tangga itu tiba-tiba di ujung tangga sebelah bawah berdiri sesosok manusia yang sedang menatap dirinya.   Katanya saat itu dia kaget setengah hati karena dia sadar bahwa di rumah tersebut ia tinggal sendirian.  Setelah dia perhatikan benar-benar ternyata yang dia anggap manusia itu adalah makhluk halus yang mendiami rumahnya. Kejadian-kejadian kecil berupa kejutan seperti inilah yang paling sering dihadapi oleh anak-anak indigo.
Karena makhluk-makhluk halus ini sering muncul tiba-tiba di waktu dan tempat yang tidak kita duga sebelumnya.

Apalagi menurut pengalaman selama bergaul dengan anak-anak indigo ternyata makhluk halus mengerti siapa-siapa saja yang mempunyai kemampuan melihat keberadaan mereka.   Sehingga mereka cenderung akan mengikuti orang-orang tersebut untuk diminta pertolongannya. Mulai dari minta tolong menyampaikan pesan pada keluarganya sampai minta pelimpahan jasa.
Dan seandainya anda diamkan atau pura-pura tidak mendengar (cara ini yang paling sering dipraktekkan oleh anak-anak indigo karena mereka juga ketakutan melihat makhluk halus)-  mereka akan mengikuti anda kemanapun anda pergi bahkan ada kejadian mereka ikut masuk ke kamar tidur anda dan duduk sepanjang malam disamping anda (apakah anda siap ?). Ini akan berlanjut sampai anda bersedia membantu mereka.   Dan yang luar biasanya selesai satu anda bantu, besok-besok akan ada lagi yang lain ngantri minta bantuan anda.

Dan ada juga kisah dengan seorang pria yang mencoba mengasah ketajaman mata ketiganya agar bisa melihat makhluk halus. Awalnya karena penasaran dan hanya ingin pamer saja bahwa dia mampu melihat alam halus.   Singkat cerita melalui latihan-latihan meditasi mata batinnya terbuka dan mulailah dia bisa melihat makhluk-makhluk halus tersebut. Karena sejak awal hanya penasaran dan untuk pamer saja, dia tidak siap menerima kenyataan yang akan segera dia hadapi.   Setiap saat silih berganti dia didatangi berbagai makhluk halus minta pertolongannya,  seperti yang kita ketahui tidak semua makhluk halus itu berwujud "manis", yang sering malah menakutkan/menyeramkan. Akhirnya dia hidup dalam ketakutan dan hampir mengalami gangguan jiwa.

(Peringatan : umat yang bisa terbuka mata batinnya melihat makhluk halus melalui meditasi, hanya mereka yang mempunyai bakat bawaan sejak lahir,  ciri-cirinya adalah sejak masih bayi mereka sudah bisa melihat atau berinteraksi dengan makhluk halus,  tetapi bagi mereka yang dari sejak lahir sampai hari ini tidak bisa melihat makhluk halus; mau meditasi jenis apa pun (kalau mengambil istilah Bhante Uttamo: mau dicongkel pakai obeng sekalipun) tetap tidak akan terbuka.

PENIPUAN MENGATASNAMAKAN INDIGO
Seperti yang sudah dijelaskan bahwa anak-anak indigo memiliki berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh manusia biasa. Sehingga sekarang ini banyak penipu yang menggunakan modus anak indigo untuk menipu umat Buddha pada khususnya.

Penulis secara tidak sengaja bertemu dengan seorang umat yang baru mengenal ajaran Buddha di Jakarta sebut saja NV yang menceritakan bahwa dia mempunyai kenalan AN (gadis) seorang anak indigo yang tinggalnya di Kalimantan. Awalnya penulis tidak menaruh curiga dengan ceritanya.
Tapi dengan berjalannya waktu si NV sering berbagi cerita mengenai AN kepadaku, yang katanya AN setiap pagi sering melihat naga berputar di atas salah satu vihara. 
Sampai suatu saat diceritakan bahwa AN mengatakan kepadanya bahwa dia pernah saat meditasi masuk ke Nibbana/Nirwana sebentar dan keluar lagi. Sontak saya tertawa mendengar cerita seperti ini,  tapi bagi NV yang baru belajar Dhamma tentu merasa AN itu hebat.
Akhirnya NV pelan-pelan saya nasehatin dan diberi pengertian bahwa AN itu sudah membohonginya tapi karena selama ini NV sudah terlanjur percaya pada AN awalnya memang agak susah menasehatinya.
Sampai suatu sore tiba-tiba NV hubungi saya dan mengatakan bahwa sekarang arwah papanya sedang bersama AN (katanya sengaja diundang AN untuk berkomunikasi dengan NV lewat telepon).
Dan AN bertanya kira-kira keluarga mau bertanya apa pada Alm. papanya.
Pada umumnya di mana-mana kalau keluarga diberi kesempatan bertanya seperti ini, biasanya akan bertanya bagaimana keadaan Almarhum di alam sana.  Tetapi kali ini mamanya si NV tidak bertanya seperti itu,  malah bertanya kepada Almarhum suaminya
dimana kunci rumah yang dipegangnya sebelum kecelakaan (papanya NV meninggal mendadak di jalan raya) dan siapa lagi yang punya hutang pada mereka.   Terang saja AN kelimpungan menjawabnya, lantas AN jawab seadanya "tidak tahu",  sehingga NV bingung mendapat jawaban seperti ini.
Makanya dia langsung menghubungi saya.
Saya katakan kalau benar si AN itu benar-benar bertemu dengan Almarhum papa NV, seharusnya papanya tahu semua jawabannya.
Karena meskipun mereka terlahir di alam Peta/hantu mereka masih menyimpan memory semasa hidup sebagai manusia sehingga mereka bisa memberi mimpi pada anak-cucunya untuk meminta pelimpahan jasa (Pattidana) dan sebagainya.
Pertanyaan-pertanyaan di atas pasti diketahui oleh Almarhum. Jadi tidak ada kemungkinkan almarhum tidak tahu. Ini jelas-jelas penipuan.

Ternyata bukan hanya NV seorang yang menjadi korbannya, setelah kasus ini terkuak dan terbongkar ternyata ada Meichi atau Atthasilani juga yang sempat menjadi korban penipuannya.   Setelah sadar bahwa selama ini dia dikerjain oleh AN barulah NV ceritakan semuanya, bahwa AN selama ini pernah minta di belikan Handphone dan kalau butuh uang dia akan minta pada NV,  menurut NV uangnya sudah jutaan yang dikirim ke AN.

Dan kabar terakhir yang sampai ke penulis bahwa AN mengaku bahwa sekarang dalam meditasi dia sudah bisa terangkat atau terbang.  Bahkan tidak lama lagi akan buka praktek di Kalimantan.

MENGAPA HAL ITU BEGITU MUDAH TERJADI ?
Biasanya mereka memanfaatkan rasa keingintahuan atau rasa takut Anda.
Dan hal yang terpenting adalah apapun yang nanti mereka sampaikan kepada anda, anda tidak bisa memastikan kebenarannya.
Akibatnya anda terpaksa menelannya mentah-mentah,  suka ataupun tidak suka.

Kejadian seperti di atas bukan hanya terjadi di Kalimantan saja tapi di pulau Jawa juga banyak yang menggunakan modus-modus seperti ini. Mereka barusan bisa melihat makhluk halus sekelebat-sekelebat sudah merasa indigo lalu buka praktek. Akibatnya banyak umat yang tertipu.

Himbauan penulis bagi para pembaca berhati-hati lah terhadap mereka-mereka ini, biasanya mereka memanfaatkan ketidaktahuan dan juga rasa takut Anda. 
Biasanya mereka akan menakut-nakuti anda dengan berbagai cara, misalnya dengan cerita-cerita,  penampakan bahkan sampai mimpi. Cobalah untuk Ehipassiko, jangan apa-apa langsung percaya.

Menurut pengalaman penulis selama beberapa tahun bergaul dengan teman-teman yang benar-bemar indigo.   Mereka justru menghindar dari tatapan masyarakat.
Mereka tidak ingin kemampuan indigo mereka diketahui oleh orang banyak (bandingkan dengan mereka yang buka praktek).
Mereka hanya akan membantu atau berbagi dengan orang-orang yang memang dia percayai dapat menjaga rahasianya.
Semua ini terjadi karena mereka sejak dini merasa diri mereka aneh, lain dari anak-anak seusianya, bahkan tidak jarang keluarga mereka sendiri mengucilkan mereka karena dianggap aneh.

Sehingga sangat bertolak belakang dengan mereka-mereka yang sengaja mengatakan diri mereka indigo lalu ujung-ujungnya cari uang.

Semoga Anda tidak mudah begitu saja mempercayai seseorang yang mengatakan bisa supranatural / gaib.
Dan yang lebih penting,  janganlah terlebih dahulu mengkultuskan dewa/dewi, Bodhisatta, kyai, pertapa-pertapa, meditasiwan-meditasiwan, sebelum nalar dan logika anda menyatakan ada kebenarannya, sudah melihat/merasakan buktinya.

SEMOGA SEMUA MAKHLUK BERBAHAGIA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment yg membangun ya.. Thx